GBI Sion Grogol

SEJARAH SINGKAT GEREJA BAPTIS INDONESIA SION GROGOL

Sebab TUHAN telah memilih Sion, mengingininya menjadi tempat kedudukan-Nya:”Inilah tempat perhentian-Ku selama-lamanya, di sini Aku hendak diam, sebab Aku mengingininya.
Mzm 132:13-14

Gereja Baptis Indonesia cabang Grogol yang berinduk di Gereja Baptis Indonesia Bangunharjo Surakarta mulai dirintis tahun 1968 di desa Tambak Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo. Dimasa awal-awal perintisan, dalam beribadah GBI cab. Grogol berpindah-pindah tempat. Ada beberapa hamba Tuhan yang sudah terlibat dalam perintisan ini, pada tanggal 1 Januari 1992 seorang hamba Tuhan yang bernama Agus Widjianto diangkat menjadi gembala sidang di gereja tersebut. Pada tahun 1993 barulah gereja dapat mendirikan gedung gereja sendiri secara permanen, di tanah perumahan Gading Permai, Grogol, Solobaru tetapi sehubungan gedung gereja menghadap ke kampung maka gereja menggunakan alamat kampung yaitu Jl. Manggar Raya 3 Dk. Tambak, RT 01/RW II Ds. Grogol, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

Dalam perjalanan dari tahun ke tahun, pertumbuhan jemaat secara kuantitas tidak mengalami pertambahan yang banyak. Dan dalam pelayananpun Pdt. Agus Widjianto mengalami kejenuhan, dan itu menjadikan pergumulan yang serius bagi gembala sidang. Pada pertengahan tahun 2003 Pdt. Agus Widjianto sering mengadakan doa bersama jemaat ataupun sendiri di sebuah tempat retreat di bukit di daerah Boyolali. Nah dari situlah ada terobosan rohani yang luar biasa, pada bulan Mei 2003 pertama kali Tuhan menyampaikan visi SION kepada Pdt. Agus Widjianto, tetapi yang bersangkutan masih belum mengerti betul tentang “SION” yang dimaksud Tuhan. Dari hari ke hari baru mengerti arah visi SION yang diberikan Tuhan. Tetapi ketika mengikuti apa yang menjadi kehendak Tuhan, malah banyak jemaat yang mengundurkan diri dari gereja. Hal itu tidak membuat Pdt. Agus Widjianto menjadi patah semangat dan berhenti memperjuangkan visi yang dari Tuhan tersebut.

Atas perintah Tuhan, Gereja Baptis Indonesia Grogol (sekarang sudah menjadi gereja induk), untuk secara resmi menggabungkan diri menjadi anggota GGBI (Gabungan Gereja Baptis Indonesia) dengan nama baru “Gereja Baptis Indonesia SION Grogol” yang disyahkan dan tercatat pada tanggal 26 Februari 2008 dengan nomor anggota 214. Jadi untuk menjadi mendapat nama Gereja Baptis Indonesia SION Grogol, gereja mengalami perjalanan selama 40 tahun untuk mencapainya. Mulai dari itu dan sampai sekarang gereja mengadakan Doa Pagi dan Doa Malam setiap hari. Setelah menjadi Gereja Baptis Indonesia SION Grogol banyak mengalami pengalaman rohani yang belum pernah didapatkan sebelumnya, walaupun sekarang jumlah jemaat tidak sebanyak dulu, tetapi janji Tuhan akan membuat Gereja Baptis Indonesia SION Grogol menjadi gereja lokal yang mendunia luar biasa. Amin.

JADWAL IBADAH
Gereja Baptis Indonesia SION Grogol
Kebaktian Umum
Kebaktian Anak/SM
Minggu
Jumat
07.00 – 08.30 WIB
16.00 – 17.00 WIB
Doa Pagi Senin – Sabtu
Doa Malam Minggu – Jumat 19.00 – 19.40 WIB

%d blogger menyukai ini: