RENUNGAN : Kenangan Indah dan Kenangan Kelam

kenangan indah dan hitamKenangan. Tidak semua kenangan indah dan manis terlukis dalam hidup kita. Ada juga jutaan kenangan pahit dan hitam yang terukir abadi dalam perjalanan langkah kita. Meski kenangan indah sering menghias mimpi-mimpi kita. Namun kita harus jujur, kenangan yang telah menggores dan meninggalkan luka perih dalam hati kita, takkan mungkin kita hapus. Tidak harus kita membuang kenangan buruk dan mengabadikan kenangan indah. Sebab kedua-duanya adalah maha guru terbaik yang mengajar kita. Melawan guru adalah merupakan bentuk kegagalan belajar. Kenangan adalah pelajaran yang paling berharga dalam hidup kita.

Kenangan indah cermin sebuah kebenaran. Kenangan kelam cermin kesalahan. Keduanya adalah merupakan tangan kanan dan kiri yang sedang menghias hidup kita. Satu tangan tak kan indah membentuk hidup kita. Kenangan indah itu bagaikan lampu hijau, agar kita terus melaju meneruskan perjalanan. Sedangkan kenangan kelam itu bagaikan lampu merah sebagai tanda kita harus berhenti. Kenangan indah itu bagaikan gas, agar kita terus melaju mencapai tujuan. Sedangkan kenangan kelam itu bagaikan rem, agar kita berhenti. Kedua-duanya digunakan untuk mengendalikan perjalanan hidup.

Apapun itu, kenangan indah dan kenangan kelam, keduanya adalah satu pasangan yang tidak dapat dipisahkan, yang keduanya membentuk hidup kita.

(Gembala Sion).

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: