RENUNGAN : Harga Kebenaran Lebih Daripada Kepala Manusia

Karena Yohanes pernah menegornya, katanya: “Tidak halal engkau mengambil Herodias!” Matius 14:4

Yohanes Pembaptis adalah nabi besar. Ia diakui kenabiannya bukan saja oleh orang Kristen, namun banyak agama lain juga. Salah satu yang membuat kenabiannya kuat adalah ia berani mengorbankan kepalanya sendiri untuk dipenggal dan diletakkan di atas talam demi membela kebenaran. Saat Raja Herodes menikahi Herodias saudaranya sendiri, Yohanes berani menegurnya, meskipun ia seorang raja. Yang meskipun berdampak, ia dipenjara dan dipenggal kepalanya. Namun bagi Yohanes kebenaran lebih mahal daripada dirinya dan kepalanya.

Tidak banyak orang yang seperti Yohanes Pembaptis yang berani. Bahkan rela mengorbankan kepalanya sendiri untuk membela kebenaran. Sampai saat ini banyak orang tidak berani mengambil resiko untuk membela kebenaran. Lebih banyak orang bersifat tidak mau tahu atau dalam istilah hukumnya membiarkan sebuah kebenaran diinjak-injak. Tidak mau melibatkan diri dalam membela kebenaran. Secara hukum manusia, seseorang yang membiarkan penyimpangan dan menggilas kebenaran, orang tersebut akan menerima hukuman yang sama dengan mereka yang melakukan penyimpangan.

Jadilah seperti Yohanes Pembaptis yang menghargai kebenaran lebih dari kepalanya sendiri. Amin. Dari KOTA SION TUHAN YESUS memberkati.

(Pdt Agus Widjianto, M.Th).

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: