RENUNGAN : Tangan Kanan dan Tangan Kiri

Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?” Yunus 4:11

Tangan kanan dan tangan kiri. Sampai hari ini perdebantan antara tangan kanan dan tangan kiri masih terus terjadi dimana-mana. Orang-orang timur beranggapan bahwa tangan kanan adalah lebih baik dari tangan kiri. Sehingga melakukan segala sesuatu dengan tangan kanan yang utama dan tangan kiri membantu tangan kanan. Demikian juga dianggap jika memberi hormat atau berjabat tangan dengan orang lain menggunakan tangan tangan. Namun dunia barat menganggap tangan kanan dan tangan kiri sama saja, untuk berjabat tangan dan memberi hormat kepada orang lain boleh tangan kiri, demikian juga melakukan segala sesuatu.

Berbeda dengan Kitab Yunus. Dalam Kitab Yunus dijelaskan bahwa Ninewe adalah kota yang jahat. Kejahatan itu ditunjukkan dengan tidak tahunya membedakan tangan kanan dan tangan kiri. Artinya tidak tahu sopan santun, tidak tahu mana yang lebih baik. ALLAH mengutus Nabi Yunus untuk berkhotbah menjelaskan kepada penduduk Ninewe agar mereka tahu membedakan tangan kanan dan tangan kiri, artinya tahu membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Memberi salam kepada orang lain dengan tangan kanan sebagai tanda kita tahu membedakan yang baik dan yang tidak baik. Amin. Dari KOTA SION TUHAN YESUS memberkati.

(Pdt Agus Widjianto, M.Th).

Categories: Renungan | Tags: , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: