RENUNGAN : Hidup Adalah Pengembaraan

“Jawab Yakub kepada Firaun: “Tahun-tahun pengembaraanku sebagai orang asing berjumlah seratus tiga puluh tahun. Tahun-tahun hidupku itu sedikit saja dan buruk adanya, tidak mencapai umur nenek moyangku, yakni jumlah tahun mereka mengembara sebagai orang asing.” Kejadian 47:9

Hidup adalah pengembaraan. Yakub menyebut hidupnya adalah pengembaraan. Saat Yakub ditanya usianya oleh Firaun. Ia menjawab bahwa hidupnya adalah pengembaraan yang buruk adanya. Mengapa Yakub menyebut hidup adalah pengembaraan. Sebab Yakub memiliki iman. Bahwa dunia ini bukanlah tujuan. Ada suatu tujuan yang lebih kekal yaitu alam baka. Hidup di dunia hanyalah merupakan suatu pengembaraan menuju alam baka.

Dalam pengembaraan ada beberapa hal yang penting yaitu: Bahwa tidak ada sesuatu yang mapan atau menetap. Pengembaraan selalu berpindah-pindah tidak mapan. Demikianlah dalam kehidupan ini tidak ada sesuatu yang mapan. Kita harus selalu berpindah-pindah dan selalu siap sedia untuk setiap perubahan yang ada.

Marilah kita memiliki iman seperti Yakub yang memandang hidup ini hanyalah suatu pengembaraan. Hidup kekal adalah tujuan. Dalam hidup di dunia tidak ada yang mapan atau menetap selalu berganti-ganti. Kita harus selalu siap untuk setiap perubahan yang ada. Amin. Dari Kota Sion TUHAN YESUS senantiasa memberkati Saudara.

(Pdt Agus Widjianto, MTh).

Categories: Renungan | Tags: , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: