RENUNGAN : Potret Suram Yakub

“Jawab Yakub kepada Firaun: “Tahun-tahun pengembaraanku sebagai orang asing berjumlah seratus tiga puluh tahun. Tahun-tahun hidupku itu sedikit saja dan buruk adanya, tidak mencapai umur nenek moyangku, yakni jumlah tahun mereka mengembara sebagai orang asing.” Kejadian 47:9

Ada banyak orang menyimpan kenangan manis masa lalu. Dalam berbagai-bagai bentuk. Ada yang berbentuk buku diare, foto, puisi, tato di tubuh, atau berbagai-bagai bentuk barang kenangan yang lain. Hampir setiap orang menyimpan kenangan manis dan membuang kenangan buruk. Seandainya sudah ada foto pada zaman Yakub. Pastilah Yakub akan membuang semua foto-foto masa lalu, sebab ia berkata bahwa tahun-tahun kehidupan Yakub buruk adanya. Tidak ada kenangan manis. Mungkin memang berat persoalan-persoalan yang dirasakan Yakub dalam hidupnya. Sejak muda ia harus ditipu oleh mertua. Bekerja selama 14 th untuk mendapatkan gadis idamannya. Ketika punya anak, anak-anaknya tidak rukun. Hingga Yusuf anak kesayangannya harus hilang sejak muda. Bahkan istrinya Rachel yang sangat dicintainya umurnya tidak panjang. Sekarang sudah tua renta harus menghadapi kelaparan panjang. Saat akan mencari makan di Mesirpun, anak-anaknya harus menghadapi berbagai-bagai masalah berat. Meski Yakub menyadari bahwa tahun-tahun hidupnya buruk. Namun Yakub tidak menyadari bahwa semua itu diijinkan ALLAH sebagai  bagian dari kisah Alkitab. Sehingga namanya tertulis dalam Alkitab hingga sekarang.

Mungkin hidup saudara seperti Yakub yang buruk adanya, hingga tak ada satupun yang  ingin kita simpan kenangan itu. Jangan kecil hati. Sebab Allah ijinkan semua itu. Mungkin nama saudara akan tertulis dalam Alkitab sepanjang masa, sebagai pelajaran anak-cucu dan keturunan kita di masa yang akan datang.

Buruk di dunia bukan berarti buruk di alam baka. Amin.

(Sion, Pdt Agus Widjianto, M.Th).

 

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: