RENUNGAN : Mendoakan Orang Yang Berbeda Pendapat

“Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian.” Filipi 1:9

Perbedaan pendapat. Begitu banyak perbedaan pendapat yang ada di dalam dunia ini. Hingga begitu susahnya kita bersatu. Dalam perbedaan pendapat biasanya kita lebih sering berdebat, memisahkan diri atau tidak sedikit kita bermusuhan.

Rasul Paulus memiliki pengalaman dalam perbedaan pendapat. Ia lebih suka mendoakan dari pada berdebat. Ia mendoakan orang-orang yang berbeda pendapat dengannya agar, orang-orang itu kasihnya makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian. Sangatlah bijaksana menjelaskan hal yang benar kepada orang lain yang tidak mengerti. Namun hal itu tidaklah cukup, perlu kita juga mendoakan agar mata hati mereka terbuka sehingga kasihlah yang berlimpah, dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian.

Sampai saat ini ada begitu banyak aliran gereja yang bermacam-macam. Di antara begitu banyaknya aliran itu, sebagian besar mereka tidak dapat bersatu, susah untuk saling mengasihi satu dengan yang lain. Lebih banyak saling menyerang satu dengan yang lain. Saling merasa dirinya lebih benar. Saling memisahkan diri, menjauh dan hampir jarang untuk dapat bekerja sama. Merasa tidak ada ikatan. Berdiri sendiri-sendiri. Setiap pertemuan lebih banyak dihabiskan untuk saling berdebat. Sudah saatnya kita meneladani Rasul Paulus, yaitu untuk saling mengasihi, agar berlimpah dalam pengetahuan yang benar dan segala macam pengertian.

Saling mendoakan adalah jalan keluar untuk solusi perbedaan yang ada. Amin. Dari KOTA SION TUHAN YESUS memberkati.

(HambaNYA, Pdt Agus Widjianto, MTh).

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: