RENUNGAN : Perpecahan

PERPECAHAN

“Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji”. I Korintus 11:19

Perpecahan. Perpecahan adalah hancurnya suatu persatuan. Di dalam dunia yang penuh dengan kemajemukan dan perbedaan ini, perpecahan hampir selalu terjadi. Saat perpecahan terjadi, biasanya kita menjadi saling kecewa, sakit hati, bahkan kadang berdampak pada dendam kesumat yang membara.

Rasul Paulus menjelaskan kepada jemaat di Korintus. Perpecahan harus terjadi, supaya nyata nanti siapakah yang tahan uji.  Dalam suatu perpecahan iman kita di uji, apakah kita dapat menerima kenyataan itu? Apakah kita tetap mengasihi? Apakah kita dapat belajar dari perpecahan? Apakah kita dapat mengambil segi positif dari suatu perpecahan? Atau juga apakah kita dapat memanfaatkan perpecahan itu untuk suatu kebaikan?

Ada beberapa pelajaran yang berharga yang dapat kita ambil pelajaran dari suatu perpecahan. Perpecahan diijinkan terjadi untuk memperkuat persatuan.Setelah melalui perpecahan, kita akan dapat belajar agar hal itu tidak terjadi lagi. Perpecahan terjadi untuk mengembangkan sayap. Sebab tanpa perpecahan kita sulit untuk mengembangkan sayap dan terbang lebih luas. Suatu keluarga yang pernah mengalami keretakan, akan lebih kuat kasihnya satu dengan yang lain. Mereka dapat menyadari bahwa perpecahan dalam rumah tangga, sangat menyakitkan dan berdampak buruk untuk kehidupan selanjutnya.

Mungkin saat ini saudara mengalam perpecahan? Dalam rumah tangga? Dalam persahabatan? Dalam persaudaraan? Ambilah pelajaran yang berharga dari pengalaman itu. Jadikan perpecahan untuk memperkokoh persatuan dan tahan uji. Amin. Dari kota SION TUHAN YESUS memberkatimu.

(Pdt Agus Widjianto).

Categories: Renungan | Tags: , , , , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “RENUNGAN : Perpecahan

  1. wati greacia

    seperti aku hari ini…semoga aku dapat mengambil pelajaran dari semua itu…thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: