RENUNGAN : Bebal

BEBAL

“Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung”. Matius 11:17

Bebal, artinya tidak cepat tanggap sesuatu tidak cepat mengerti suatu pertanda atau tidak cepat memahami suatu peringatan. Lawan bebal adalah peka. Artinya cepat menanggap sesuatu. Cepat dalam merespon suatu sinyal. Tuhan Yesus menjelaskan seseorang yang bebal yaitu ketika ditiupkan seruling, tidak menari. Ketika dinyanyikan kidung duka, tidak berkabung. Mengapa? Karena tidak tanggap. Tidak paham terhadap arti tiupan seruling itu. Tiupan seruling yang adalah merupakan ajakan untuk menari. Namun karena tidak peka, maka tidak ada respon untuk menari. Tidak memahami arti sebuah kidung duka, sehingga tidak berkabung. Mengapa? Karena tidak sanggup memahami adanya suatu pertanda dalam kidung duka. Hatinya terlalu tumpul. Itulah bebal.

TUHAN ALLAH selain memberi Alkitab sebagai Firman ALLAH. Tak henti-hentinya memberi peringatan dalam kehidupan kita. Semua fenomena alam, bencana-bencana alam, peristiwa-peristiwa dalam kehidupan kita, baik yang biasa hingga yang luar biasa, adalah merupakan suatu sinyal peringatan dari ALLAH bagi kita. Namun sering hati kita terlalu bebal, terlalu bodoh dan terlalu tumpul. Sehingga kita tidak dapat memahami setiap maksud dan kehendak ALLAH.

Betapa bahayanya jika kita tidak memahami adanya suatu peringatan bahaya. Sama seperti dalam perjalanan, kita melihat lampu kuning menyala sebagai peringatan, namun biasanya justru tancap gas, tanpa kita sadari ada kendaraan yang melintas, pastilah kecelakaan tidak dapat terhindarkan. Demikian juga tangan ALLAH selalu memberi tanda-tanda sebagai peringatan dalam kehidupan kita.

Dengan kepekaan rohani, kita dapat membaca setiap kehendak dan maksud ALLAH. Amin. Dari KOTA SION TUHAN YESUS MEMBERKATI.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: