RENUNGAN : Yunus Di Perut Ikan

YUNUS DI PERUT IKAN

“Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya”. Yunus 1:17

Yunus di perut ikan. Mungkin kita menganggapnya kisah Yunus ini luar biasa. Di dalam perut ikan selama tiga hari tiga malam tidak mati. Hal ini terjadi oleh karena Yunus melarikan diri dari hadapan Tuhan. Tuhan memanggil untuk memberitakan Firman TUHAN di Ninewe. Tetapi Yunus melarikan diri ke arah Tarsis. Dalam pelariannya inilah TUHAN menghadangnya di jalan dengan mengirim angin badai, hingga di buang di tengah lautan, sampai di telan ikan selama tiga hari tiga malam di dalam perut ikan itu.

Sesungguhnya peristiwa yang luar biasa ini bukan saja terjadi dalam kehidupan Yunus. Kitapun sering memiliki pengalaman yang sama seperti Yunus. Saat kita tidak taat kepada TUHAN. Kita melarikan diri dari hadapan Tuhan. Menjauh dari TUHAN. Tuhan menghadang langkah kita, hingga hidup kita seperti di dalam perut ikan. Serba sulit, serba susah, tehimpit, terjepit, sesak dan tidak ada jalan keluar. Kita berseru-seru, minta tolong kesana-kesini, namun seakan tidak ada seorangpun yang mau mendengarkan kita. Kita mau mati, tetapi tidak mati-mati. Sedangkan keadaan  sangat menyakitkan. Hal ini terjadi bukan hanya tiga hari, mungkin berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Pada saat demikian, ingatlah dan sadarilah, bahwa kita sudah melarikan diri dari hadapan TUHAN. Kita sudah menjauh dari TUHAN. Kita sudah tidak taat kepada TUHAN. Saatnya kita kembali kepada TUHAN. Bertobat dan kembali mendekat kepadaNYA. Agar hidup kita dipulihkan. Dikembalikan dalam kemuliaan, dan anugrah TUHAN.

Jika hidup kita terjepit serasa seperti dalam perut ikan, sadarilah itu adalah tangan TUHAN yang sedang menghadang langkah kita, agar kita kembali kepada TUHAN. Amin. Dari KOTA SION TUHAN YESUS memberkati.

Categories: Renungan | Tags: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: