RENUNGAN : Cinta Sejati Yakub

CINTA SEJATI YAKUB

“Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel.” (Kejadian 29:20).

Cinta sejati. Betapa bangganya jika kita bisa menunjukkan betapa besarnya cinta kita kepada kekasih. Betapa senangnya jika kita dapat memperlihatkan betapa hebatnya pengorbanan kita kepada kekasih. Laksana penyair yang ingin menyeberangi lautan atau mendaki gunung untuk menyatakan cinta. Semua itu tidak salah, karena sebuah cinta sejati tidak cukup di mulut, tetapi dibutuhkan sebuah bukti nyata.

Yakub bapa leluhur iman kita. Menunjukkan cinta sejati kepada Rachel kekasihnya, ia bekerja tanpa bayaran tujuh tahun lamanya, hal itu dirasakannya hanya beberapa hari saja. Sebuah cinta sejati yang luar biasa, bukan hanya rayuan yang dinyatakan, tetapi sebuah pengorbanan yang besar. Siapa yang tidak senang mendapatkan kekasih yang demikian hebat pengorbanannya.

Dalam pengorbanan Yakub ada beberapa bukti ujian cinta sejati. Yang pertama adalah ujian waktu. Tujuh tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk sebuah pengorbanan mendapatkan kekasih. Yang kedua ujian harta. Bekerja tujuh tahun dilakukannya dengan rela tanpa upah sedikitpun. Yang ketiga ujian fisik. Pekerjaan sebagai gembala bukanlah pekerjaan gampang, dibutuhkan kerja keras, panas dingin dan bahkan tantangan nyawa jika berhadapan dengan binatang buas. Namun semua dilakukan Yakub dengan semangat karena cintanya kepada Rachel.

Kita harus jujur. Betapapun pengorbanan besar kepada kekasih kita, mungkin belum sebesar seperti yang dilakukan Yakub kepada kekasihnya Rachel. Namun leluhur iman kita, telah memberikan teladan yang baik dalam membuktikan cinta sejatinya.

Buktikan cinta sejati kita dengan pengorbanan, bukan hanya dengan obral janji atau rayuan kosong. Amin. Dari kota SION Tuhan Yesus memberkati.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: