RENUNGAN : Keteguhan Hati

KETANGGUHAN HATI

“Tetapi Aku akan mengeraskan hati Firaun, dan Aku akan memperbanyak tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang Kubuat di tanah Mesir.” Keluaran 7:3

Keras hati. Pernahkah kita berhadapan dengan orang yang mengeraskan hati? Bagaimana perasaan kita jika berhadapan dengannya? Jengkel? Marah? Putus asa? Atau mungkin benci? Firaun adalah raja yang hatinya di keraskan oleh Allah. Firaun tidak melepaskan bangsa Ibrani, meski sudah melalui berbagai-bagai tanda, mujizat dan kesusahan-kesusahan yang membawa banyak korban.
Allah mengeraskan hati Firaun, bukan saja untuk menunjukkan kemuliaan Allah di hadapan bangsa Mesir dan Ibrani, namun juga untuk menempa atau membentuk hati Musa. Musa yang berhadapan langsung dengan Firaun merasa hatinya terlatih, makin kuat, ulet dan tangguh. Meski jengkel, marah, dan berbagai perasaan berkecamuk dalam hati Musa. Namun hal-hal inilah yang membentuk hati Musa menjadi tangguh. Allah ijinkan semua ini agar Musa menjadi seorang pemimpin besar. Seorang yang sanggup memerdekakan suatu bangsa yang berada dalam perbudakan berat.
Kita sering memiliki pengalaman yang sama seperti Musa. Berhadapan langsung dengan seseorang yang hatinya sangat keras. Mungkin mereka ada teman sekerja kita, keluarga kita, atau orang yang kita sayangi. Mungkin juga berbentuk persoalan yang keras, lama, ulet, susah diselesaikan. Meski  sudah berbagai-bagai cara dilakukan dan banyak berdoa, namun juga belum selesai. Janganlah putus asa. Allah mengijinkan hal-hal seperti itu untuk menempa dan membentuk hati kita. Kita akan memiliki hati yang kuat, ulet, tangguh dan tahan banting. Bukan hati yang keropos, lemah dan kecil.
Sikapilah setiap masalah yang pelik dalam hidup kita, sebagai cara Allah membentuk hati, menjadi hati yang tangguh. Terima kasih. Dari Sion Tuhan Yesus memberkati.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: