RENUNGAN : Jangan Membangun Dasar Yang Telah Di Letakkan Orang Lain

JANGAN MEMBANGUN DASAR YANG TELAH DI LETAKKAN ORANG LAIN

“Dan dalam pemberitaan itu aku menganggap sebagai kehormatanku, bahwa aku tidak melakukannya di tempat-tempat, di mana nama Kristus telah dikenal orang, supaya aku jangan membangun di atas dasar, yang telah diletakkan orang lain. Roma 15:20

Tahun 1987, saya pernah menyusuri para transmigran. Ketika trasmigran sudah penuh di Metro, kemudian merembet keutara, sampai Tulang Bawang. Ketika Tulang Bawang sudah penuh bergeser lagi ke Mesuci.  Tidak pernah para trasmigran di letakkan di tempat yang sudah penuh dengan transmigran lain. Tempat-tempat itu sekarang sudah menjadi sangat ramai. Mesuci yang waktu saya mengunjungi masih ada banyak harimau, gajah, babi hutan dan kera yang bergelantungan di pohon-pohon. Sekarang sudah menjadi kota yang ramai.

Demikianlah Rasul Paulus selalu memulai pemberitaan Injil di tempat baru. Dimana Injil belum di beritakan di tempat itu. Menjadi keprihatinan kita bersama jika sekarang ini, gereja-gereja saling berebut anggota, karena tinggal di tempat yang sama. Saya mengajak sahabat-sahabat di dunia maya ini. Marilah kita menjadi generasi yang mempersatukan gereja. Janganlah kita memandang aliran-aliran. Perbedaan-perbedaan tata ibadah dan tafsiran. Jangan lah kita membesar-besarkan perbedaa-perbedaan itu. Kita mencari kesamaan keyakinan kita, supaya kita bisa hidup berdampingan satu dengan yang lain. Janganlah kita saling menyerang dan mengolok-olok satu dengan yang lain. Janganlah kita saling menghina atau menyakiti satu dengan yang lain. Karena semua adalah satu di dalam Kristus.

Marilah kita sebagai  komunitas dunia maya, menjadi komunitas yang mempersatukan gereja di akhir zaman ini. Kita berdoa untuk kesatuan dan persatuan gereja-gereja, dan kita melakukannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Amin. Dari Kota Sion Tuhan Yesus memberkati.

Categories: Renungan | Tags: , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: