RENUNGAN : Kesatuan Gereja

KESATUAN GEREJA

“Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah.” ROMA 14:10

Kita menemukan ada begitu banyak aliran gereja. Berbagai-bagai aliran gereja memang diijinkan oleh Tuhan untuk menyatakan kekayaan, keragaman karunia yang berbeda-beda, namun tetap satu. Yang menjadi keprihatinan adalah mengapa aliran yang satu dengan aliran yang lain, tidak saling melengkapi sebagai tubuh Kristus, tetapi saling menghakimi.

Rasul Paulus menasihati kepada jemaat yang ada di Roma. Agar mereka tidak saling menghakimi satu dengan yang lain. Agar mereka tidak saling menghina satu dengan yang lain. Karena kita semua akan menghadap tahta pengadilan Allah. Sama seperti Rasul Paulus yang menyesalkan jemaat di Roma, demikianlah kita menyesalkan aliran-aliran gereja yang saling menghakimi, saling menghina dan merendahkan satu dengan yang lain. Aliran itu tidak salah. Adanya berbagai-bagai macam cara, bentuk dan model aliran. Tetapi kesalahannya adalah tidak saling melengkapi, tetapi saling menghina satu dengan yang lain.

Sudah saatnya kita sebagai generasi muda, menyatukan aliran-aliran gereja yang ada. Bukan untuk melebur menjadi satu, tetapi untuk saling mengasihi, melengkapi, membangun satu dengan yang lain. Tidak untuk menyeragamkan, tetapi untuk saling memperkaya tubuh Kristus, sehingga indahlah Kerajaan Allah yang di bangun di dunia ini. Marilah kita serukan kesatuan dan persatuan. Marilah kita kasih. Kita membuka diri untuk saling bekerja sama dan saling menghargai satu dengan yang lain. Karena kita adalah anak-anak Allah.

Persatuan tidak harus menyeragamkan, kesatuan tidaklah harus menyamakan, cukuplah dengan saling menghargai satu dengan yang lain. Amin. Dari Sion Tuhan Yesus memberkati.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: