RENUNGAN : Melatih Dan Menguasai Diri

MELATIH DAN MENGUASAI DIRI

“Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak”.  I KORINTUS 9:27

Pernahkah kita memberitakan Injil dan di tolak? Mungkin sebagian besar dari kita mengalaminya. Saat peristiwa itu terjadi biasanya kita akan beralasan yaitu karena faktor kekerasan hati yang mendengar berita Injil. Tetapi pernah kita berpikir bahwa penolakan pemberitaan Injil itu oleh karena faktor dari diri kita sendiri sebagai pemberita? Rasul Paulus menjelaskan, ia berjaga-jaga dengan melatih tubuh dan menguasai diri agar ia jangan sampai ditolak.

Melatih tubuh artinya sebagaimana Rasul Paulus menjelaskan dalam surat-suratnya, bahwa berusaha mencukupkan diri dan tidak pernah merepotkan orang lain. Menguasai dirinya seluruhnya artinya, bahwa bagaimana ia menguasai keinginannya, hawa nafsunya, pikirannya bahkan dalam perkataan dan penampilan. Sehingga tidak menjadi batu sandungan orang lain. Rasul Paulus adalah teladan yang baik sebagai seorang pemberita Injil. Ia tampil layak sebagai seorang yang memberitakan suatu berita yang berharga dan mulia.

Sebagai seorang pemberita Injil, suatu berita yang mulia, layaklah kalau kita melayakkan diri untuk tampil dalam melatih tubuh kita untuk tampil sesuai dengan berita yang kita sampaikan. Demikian juga menguasai diri kita sedemikian rupa, sehingga dimanapun kita tidak akan menjadi batu sandungan, oleh karena nilai berita yang kita bawa.

Hal-hal yang tidak sesuai dengan isi berita yang kita bawa, hendaklah kita tinggalkan. Hal-hal yang kira-kira dapat membuat salah dari isi berita Injil hendaklah kita lepaskan. Karena kita adalah kunci dalam memberitakan Injil. Jadilah pemberita Injil yang sesuai dengan isi Injil yang kita beritakan. Amin. Dari Sion Tuhan Yesus memberkati.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: