RENUNGAN : Makan Sayur

MAKAN SAYUR

“Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum; Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja.” Daniel 1:12,15.

Sayuran dikonsumsi dengan cara yang sangat bermacam-macam, baik sebagai bagian dari menu utama maupun sebagai makanan sampingan. Kandungan nutrisi antara sayuran yang satu dan sayuran yang lain pun berbeda-beda, meski umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam. Beberapa jenis sayuran bahkan telah diklaim mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, maupun zat anti racun. Melakukan diet dengan mengonsumsi jumlah sayuran dan buah-buahan yang cukup dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tahap 2. Dengan diet ini pula, dapat membantu melawan kanker dan mengurangi keropos tulang. Selain itu, dengan kita mengonsumsi zat potasium (banyak ditemui pada buah dan sayur-mayur) akan membantu mencegah terbentuknya batu ginjal.

Firman Tuhan menjelaskan bahwa Daniel sebagai seorang negarawan yang hebat di negeri asing karena kecerdasannya. Rahasia sukses Daniel bisa menjadi cerdas adalah makan sayur. Sehingga ketika dibuktikan untuk dibandingkan dengan orang lain yang makan makanan yang berlemak, ternyata Daniel sepuluh kali lipat lebih cerdas, hebat dan sehat.

Bagaimana saya dan saudara hidup di zaman yang maju di dalam ilmu pengetahuan ini. Apakah kita akan meneladani Daniel yang sukses karena makan sayur, atau kita akan makan makanan siap saji yang beresiko tinggi untuk kesehatan kita?

Marilah kita meneladani Daniel dengan pola hidup sehat dan murah. Untuk cerdas, sehat, kuat dan berstamina tinggi. Dengan memperbanyak makan sayur sayuran setiap hari. Amin. Dari Sion Tuhan Yesus memberkati.

Categories: Renungan | Tags: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: