RENUNGAN : Sabar

SABAR

“Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota” Amsal 16:32

Sabar. Sifat sabar dimiliki oleh setiap orang. Artinya bahwa sesungguhnya setiap orang dapat melakukan sabar. Namun banyak orang menjadi sakit hati, karena tidak sabar. Banyak orang menjadi sakit tubuhnya karena tidak sabar. Bahkan banyak orang harus kehilangan sesuatuyang berharga karena tidak sabar, orang lain lagi harus menjadi pembunuh karena tidak sabar.

Firman Tuhan menjelaskan bahwa orang yang sabar melebihi seorang pahlawan. Seorang pahlawan adalah seorang yang berjuang mengorbankan jiwa raga untuk merebut negara. Sebuah pengorbanan yang besar. Namun demikian besarnya masih kalah dengan seorang yang sabar. Artinya bahwa untuk menjadi seorang yang sabar dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang besar, sampai kita dapat bersikap sabar. Demikian juga dijelaskan lagi bahwa seorang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota. Merebut kota adalah perjuangan dan pengorbanan. Namun demikian orang yang dapat menguasai diri masih jauh melebihi orang itu. Artinya orang yang dapat menguasai diri berarti memiliki perjuangan dan pengorbanan yang hebat dalam hidupnya.

Untuk menjadi seorang yang sabar dan menguasai diri sendiri, tidak cukup dengan kata-kata atau teori. Dibutuhkan suatu pengorbanan dan perjuangan yang besar. Karena ketidak sabaran selalu membawa korban yang tidak sedikit. Tetapi kesabaran membuat orang lain diselamatkan. Bahkan menjadi tempat perteduhan bagi banyak orang.

Marilah kita jadikan diri kita sabar, agar hidup dan hati kita melebihi seorang pahlawan bahkan orang yang merebut kota. Amin. Dari Sion Tuhan Yesus memberkati.

Categories: Renungan | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: