RENUNGAN : Waspadai Kebohongan

WASPADAI KEBOHONGAN

“Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.” Amsal 19:22

Waspadai kebohongan. Kebohongan adalah dosa. Kebohongan asalah sifat iblis yang dapat hinggap dimana saja. Setiap orang memiliki kemampuan untuk berbohong. Meskipun setiap orang tidak ingin berbohong, tetapi untuk menutupi persoalan, mereka berbohong. Berbohong adalah merupakan bentuk sikap menutupi sesuatu. Tidak semua orang menyadari bahwa berbohong itu dosa besar. Demikian juga tidak setiap orang menyadari bahwa mereka dibohongi oleh pasangannya.

Firman Tuhan menjelaskan bahwa yang diinginkan dari seseorang adalah kesetiaan dan bukan kebohongan. Amsal menekankan bahwa benci kepada kebohongan. Bahkan lebih baik jadi orang miskin dari pada kaya tetapi pembohong. Kita sebagai anak-anak Allah harus senantiasa waspada, bukan saja waspada untuk tidak berbohong, tetapi juga waspada untuk dibohongi orang lain.

Bohong adalah merupakan bentuk sikap untuk menutupi sesuatu. Jika hidup kita beres, terbuka dan transparan di hadapan Tuhan dan sesama kita, kita akan tenang dan tidak ingin berbohong. Tetapi bohong adalah dimulai dari kehidupan kita yang tidak beres. Sehingga untuk menutupi sesuatu yang tidak beres itu kita berbohong dengan orang lain. Namun meskipun kita berbohong, orang lain yang kita bohongi tidak tahu, tetapi Tuhan tahu. Membohongi orang lain sama dengan membohongi Tuhan. Dengan demikian orang yang berbohong dengan orang lain itu juga berpikir bahwa Tuhan tidak tahu. Kebohongan adalah dosa besar. Karena kebohongan adalah dosa kedua sebagai akibat menutupi dosa yang pertama.

Marilah kita sebagai anak-anak Allah senantiasa mewaspai kebohongan. Bukan saja waspada untuk tidak berbohong tetapi juga waspada untuk tidak dibohongi orang lain.

Categories: Renungan | Tags: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: