RENUNGAN : Persahabatan

PERSAHABATAN

“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran”. Amsal 17:17

Persahabatan adalah ikatan antar sesama yang bermaksud untuk saling mendukung, saling menghargai dan tidak saling melukai. Biasanya sebuah persahabatan yang baik akan lebih kekal. Persahabatan yang baik juga lebih dapat menunjukkan kasih dari bentuk ikatan yang lain. Ada banyak persahabatan yang lebih kental dari pada keluarga sendiri. Persahabatan biasanya terbentuk oleh karena ada kesamaan-kesamaan hoby, atau yang lain.

Firman Tuhan menjelaskan bahwa seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu. Artinya kasih yang ditunjukkan bukan saja saat-saat semua baik, saat-saat sahabat kita dapat memberi kebutuhan kita, tetapi seorang sahabat yang baik, akan tetap terus menaruh kasih dalam keadaan-keadaan tidak baik. Seorang sahabat juga menjadi saudara dalam kesukaran. Artinya saat yang satu sedang mengalami kesukaran, yang satu akan senantiasa mendampingi, memberi kekuatan, dorongan-dorongan bahkan penghiburan dengan tujuan dapat dibangkitkan dan dipulihkan keadaannya.

Arti sebuah persahabatan akan nampak pada saat pasangan kita sedang dalam kesukaran, dan kita sanggup menunjukkan kasih kita, perhatian kita bahkan pertolongan kita pada sahabat kita. Sebuah persahabatan yang baik tidak dapat dibatasi oleh jarak. Meski jarak berjauhan, persahabatan tetap dapat dijalin dengan kuat. Persahabatan yang baik juga tidak mengenal status. Seorang yang kaya raya tetap dapat menjadi seorang sahabat bagi orang-orang yang sederhana. Seorang keluarga pejabat dan menjalin persahabatan dengan orang-orang biasa. Bahkan persahabatan dapat mengalahkan perbedaan-perbedaan budaya, bahasa, bangsa dan kulit. Persahabatan yang sejati adalah persahabatan yang tidak mengenal perbedaan-perbedaan.

Marilah kita ciptakan sebuah persahabatan yang baik diantara kita, satu dengan yang lain.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: