RENUNGAN : Mengantuk

MENGANTUK

“Janganlah membiarkan matamu tidur, dan kelopak matamu mengantuk; lepaskanlah dirimu seperti kijang dari pada tangkapan, seperti burung dari pada tangan pemikat” Amsal 6:4-5

Mengantuk adalah anugrah Tuhan. Seorang yang mengantuk adalah merasakan kenikmatan yang luar biasa. Mengantuk diberikan kepada manusia sebagai suatu sinyal bahwa tubuh saatnya istirahat. Namun bagaimana kalau mengantuk berlebihan. Sehingga sebentar-sebentar tidur. Hal ini akan mengurangi kualitas hidup, sebab hidup menjadi tidak produktif dan menghabiskan waktu hanya untuk tidur saja. Mengantuk juga berbahaya bagi mereka yang menjalankan mesin, berbahaya bagi keselamatan dirinya, juga berbahaya bagi keselamatan orang lain.

Firman Tuhan menyatakan bahwa meskipun mengantuk itu adalah kenikmatan, dan juga bagian dari hidup manusia, tetapi mengantuk itu adalah merupakan suatu jerat sejenis tangkapan ataupun pemikat. Artinya mengantuk yang tidak pada waktunya dan tempatnya, sangat berbahaya. Sebab ini adalah musuh yang akan menjerat kita, menangkap kita dan bahkan memikat kita sehingga kita terperangkap di dalamnya. Untuk dapat lepas dari rasa mengantuk ini dibutuhkan perjuangan keras. Perlawanan yang terus menerus agar kita tidak terperangkap di dalamnya.

Mengantuk dapat diatasi dengan cara berjaga-jaga, artinya jangan sampai tubuh kita terlalu lelah, istirahat yang cukup, makan yang cukup dan olah raga yang cukup. Namun juga meskipun kita sudah berkecukupan bukan berarti tidak mengantuk, sebab tubuh kita ini lemah, sehingga mengantuk akan selalu mengintip kita dan menjerat kita di dalamnya.

Marilah kita mewaspadai mengantuk yang tidak pada tempat dan waktunya, karena hal itu dapat merugikan diri kita sendiri, bahkan membahayakan orang lain jika kita sedang melaksanakan tugas. Amin. Dari Sion Tuhan Yesus memberkati.

Categories: Renungan | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: