RENUNGAN : Janda

JANDA

“TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya.” Mazmur 146:9

Menjadi janda pasti tidak enak. Seorang janda harus menanggung kebutuhan ekonomi seorang sendiri. Jika ia memiliki pekerjaan secara tetap, mungkin akan berkecukupan, tetapi jika tidak pastilah kesulitan ekonomi menjadi beban yang berat, belum lagi kalau memiliki tanggungan anak. Seorang janda juga tidak berkecukupan secara bilogis. Sebagai seorang manusia normal, pastilah sangat membutuhkan kebutuhan secara biologis. Apalagi kalau janda itu masih muda. Namun seorang janda tidak memiliki pasangan yang dapat mencukupi kebutuhan biologisnya. Seorang janda juga harus menanggung beban moral. Sudah menjadi adat ketimuran, seorang janda akan menjadi sorotan masyarakat, khususnya jika dekat dengan laki-laki, kalau pergi sendiri, kalau pulang malam, semua serba merepotkan, untuk menjadi sorotan masyarakat sekitar. Demikian seorang janda juga harus menanggung beban mental sendirian. Sebab tidak memiliki pasangan yang diajak berbagi. Sehingga semua persoalan harus ditanggung sendirian.

Demikianlah beratnya menjadi seorang janda. Namun Firman Tuhan menjelaskan bahwa Allah menjaga dan menegakkan seorang janda. Seorang janda akan langsung dalam penjagaan Tuhan. Demikian juga meskipun berat beban yang ditanggung oleh seorang janda, mereka tidak akan lemah ataupun jatuh. Sebab Allah akan yang akan menegakkan, sehingga meskipun janda, namun akan tetap bertahan untuk sanggup menghadapi segala sesuatu. Tidak perlu takut, malu, ataupun harus bergantung dengan orang lain. Allah sendiri yang akan menjadi suami bagi para janda.

Bagi para janda, tetaplah kuat di dalam Tuhan, sebab Allah akan terus menjaga dan menegakkan, untuk tidak jatuh. Amin. Dari Sion Tuhan Yesus memberkati.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: