RENUNGAN : Kesesakan

KESESAKAN

“Dalam kesesakan aku telah berseru kepada TUHAN. TUHAN telah menjawab aku dengan memberi kelegaan. Mazmur 118:5

Kesesakan menurut ilmu psikologi adalah adanya beban yang melebihi kapasitas yang ada. Secara fisik dapat diberi contoh misalnya, dalam sebuah ruangan hanya memuat 50 orang, namun dimasuki oleh 100 orang, sehingga ruangan itu menjadi penuh sesak. Namun secara kejiwaan juga sama, misalnya kemampuan kita menanggung beban-beban pikiran hanya pada tingkat tertentu, tetapi kita menerima beban pikiran yang lebih berat sehingga kita mengalami apa yang disebut dengan kesesakan.

Pada saat seseorang mengalami kesesakan, ada sebuah respon dari dalam diri kita. Kesesakan itu kita kompensasikan dengan menangis, yaitu mengeluarkan air mata untuk memperoleh kelegaan. Ada juga yang merespon dengan mengeluarkan dari mulut kata-kata, apakah kata-kata dengan amarah, atau kadang kita sharing dengan teman dekat kita. Ada juga yang melampiaskan dengan melihat pemadangan-pemandangan yang indah, atau mencari kesenangan-kesenangan kita sendiri. Seorang yang mengalami kesesakan akan mengalami tekanan berat, menjadi stress atau depresi, bahkan jika berkepanjangan bisa sakit jiwa.

Firman Tuhan menberi solusi pada saat kita mengalami kesesakan, yaitu agar kita berseru kepada Tuhan. Pada saat kita berseru kepada Tuhan, IA akan menjawab dan memberi kelegaan kepada kita. Kesesakan yang kita alami, tidak akan membuat kita stress, depresi atau bahkan mungkin sakit jiwa. Tidak perlu kita mencari pelampiasan kemana-mana, atau tidak perlu kita bercerita kepada orang lain, karena Tuhan Yesus mendengar seruan kita dan sanggup memberi kelegaan kepada kita.

Marilah kita berseru kepada Tuhan saat kita mengalami kesesakan, sebab Ia rela mendengar seruan kita dan memberi kelegaan kepada kita. Amin. Dari kota Sion Tuhan Yesus memberkati.

Categories: Renungan | Tags: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: