RENUNGAN : Bumi Milik Kita

BUMI MILIK KITA

“Langit itu langit kepunyaan TUHAN, dan bumi itu telah diberikan-Nya kepada anak-anak manusia.” Mazmur 115:16

Bumi yang indah akan mempesona kita. Hamparan laut yang luas. Gunung tinggi yang sejuk bahkan manisnya mentari terbit, semua merupakan pemandangan yang mengagumkan. Belum lagi saat kita menikmati hasil bumi yang menghidupi semua umat manusia. Sayur-sayuran yang segar, buah-buah yang menyehatkan, juga kekayaan alam yang mampu membuat banyak orang berkelimpahan berkat.

Namun, disamping kekayaan alam begitu berlimpah, kita sering menangis oleh karena bencana alam. Gunung meletus, tanah longsor, bahkan gempa bumi yang menelan banyak jiwa dan harta. Bencana-bencana itu semua membuat seakan nyawa manusia tidak berharga. Kita juga merasakan adanya banjir bandang di satu belahan bumi, sedangkan belahan bumi yang lain ada kekeringan yang berkepanjangan.

Firman Tuhan menjelaskan bahwa bumi ini milik Tuhan, tetapi dalam pengelolaanya telah diberikan kepada anak-anak manusia. Keadaan bumi, apakah bumi dapat memberi hasil yang berlimpah kepada umat manusia, atau bumi akan terus menerus menelan korban jiwa dengan bencana-bencana yang tiada henti, semua adalah tergantung manusia yang mengelola. Bumi diciptakan oleh Tuhan, dalam pengelolaannya telah diberikan kepada umat manusia. Dalam pengelolaan yang benar, bumi akan memberi kelimpahan kepada seluruh umat manusia. Kekayaan alam tidak hanya akan dinikmati oleh segelintir manusia, namun akan ada pemerataan dalam kemakmuran.

Kesadaran bahwa bumi adalah milik kita, atas hasil untuk kesejahteraan manusia, akan membangkitkan rasa kasih, keadilan dan belas kasihan kepada sesama, sehingga kita akan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada sesama untuk mengelola alam yang indah bersama-sama.

Marilah kita nyatakan rasa syukur kita dengan menikmati bumi yang dianugrahkan kepada kita, untuk kesejahteraan umat manusia secara merata. Amin. Dari kota Sion Tuhan Yesus memberkati.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: