RENUNGAN : Kemiskinan

KEMISKINAN

“Tetapi aku ini sengsara dan miskin — ya Allah, segeralah datang! Engkaulah yang menolong aku dan meluputkan aku; ya TUHAN, janganlah lambat datang!” Mazmur 70:6

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.

Kemiskinan membawa kesengsaraan bagi yang mengalaminya. Bukan saja mereka tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan dasar, namun biasanya selalu menjadi bahan ejekan, sendirian bahkan ditinggalkan dimana-mana. Banyak orang miskin selalu berharap kepada oraang kaya untuk membantunya. Bahkan ketergantungan sangat kuat untuk dapat dibantu oleh orang lain. Namun segala upaya yang dilakukan pemerintah, orang-orang pintar, orang-orang mampu, bahkan perjuangan orang miskin itu sendiri, belum tentu dapat berhasil, sampai sekarang lebih banyak hal itu hanya merupakan lingkaran setan yang berputar-putar dan tanpa hasil yang maksimal.

Firman Tuhan menjelaskan bahwa hanya Tuhan yang dapat menolong orang miskin dan penderitaanya. Allah senantiasa memperhatikan dan tidak lambat-lambat untuk menolong orang-orang miskin yang berharap kepadaNya. Allah sanggup mengubah orang miskin menjadi berkelimpahan, bahkan Allah sanggup menjadikan orang-orang miskin menjadi penyumbang terbesar dibandingkan orang-orang kaya.

Kemiskinan bukanlah malapetaka selamanya, karena ada Allah yang sanggup menolongnya. Janganlah putus asa ketika miskin dan sengsara, Allah sanggup menolongmu. Amin.

Categories: Renungan | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: