RENUNGAN : Refleksi 66 Tahun RI Merdeka

REFLEKSI 66 TAHUN RI MERDEKA

“Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.” Yakobus 1:25

Refleksi 66 tahun RI merdeka. Apakah artinya kemerdekaan bagi sebuah negara? Cukupkah kemerdekaan bagi sebuah negara jika tidak dijajah oleh negara lain? Cukupkah jika sebuah negara berteriak merdeka dan mengibarkan sebuah bendera? Atau cukupkah arti sebuah kemerdekaan bagi negara jika berpemerintahan sendiri? Kemerdekaan sebuah negara sesungguhnya tidaklah cukup dengan kemerdekaan yang disebutkan diatas. Oleh karena negara adalah lembaga yang menaungi rakyatnya, kemerdekaan yang sesungguhnya adalah kemerdekaan yang meliputi kemerdekaan rakyat dari segala bidang kehidupannya.

Rakyat yang merdeka berarti mereka merdeka dari ketidakadilan. Merdeka dari kemiskinan. Merdeka dari kebodohan. Merdeka di dalam melaksanakan hak asasinya sebagai manusia dan warga negara. Merdeka dalam berbagai-bagai bidang kehidupan yang layak. Ini adalah merdeka yang sejati bagi sebuah bangsa. Yakobus menjelaskan bahwa perlu meneliti hukum-hukum yang menjaminkan kemerdekaan bagi setiap orang dan melakukannya, untuk mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya.

Perlu sebuah tindakan nyata untuk membantu orang-orang yang kekurangan. Perlu adannya pembebasan kebodohan dengan perhatian khusus bagi pendidikan rakyatnya. Perlu adanya kekuatan lembaga hukum untuk menegakkan keadilan. Bahkan ketegasan pemerintah dalam menjaminkan hak asasi warga negaranya dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Ketimpangan, ketidakadilan, kesewenang-wenangan akan membuat negara semakin buruk dari pada sebuah negara yang dijajah.

Marilah kita meneliti hukum yang memerdekakan orang dan melakukannya dengan sungguh-sungguh agar bangsa dan negara kita sungguh-sungguh merdeka. Amin.

Categories: Renungan | Tags: , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: