RENUNGAN : Penyakit Kanker Rohani

PENYAKIT KANKER ROHANI

“Tetapi hindarilah omongan yang kosong dan yang tak suci yang hanya menambah kefasikan.Perkataan mereka menjalar seperti penyakit kanker.” II Timotius 2:16-17

Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa “ganas” (bersifat kanker) atau “jinak” (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.

Firman Tuhan menyatakan bahwa ada kanker rohani yang lebih ganas. Yaitu omongan kosong dan tak suci. Rasul Paulus menjelaskan kepada Timotius bahwa perkataan itu adalah jenis kanker rohani yang berbahaya. Yang akan menambah kefasikan. Mungkin kita bukanlah orang yang suka berbicara jorok. Tetapi berapa banyak waktu kita habiskan untuk omong kosong, bahkan dibumbui dengan perkataan-perkatan yang tidak suci. Hal itu dijelaskan bahwa merupakan kanker rohani yang ganas yang cepat menjalar kemana-mana. Dan bagaimana kalau mulut kita adalah turut sebagai kanker yang turut menyebarkan kanker kemana-mana, yang belum tentu kebenarannya dari setiap perkataan yang kita luncurkan. Yang dipastikan akan menambah kefasikan dimana-mana, bahkan banyak iman yang lemah akan turut berguguran karena omong kosong yang tidak berguna.

Marilah kita isi perkataan-perkataan kita dengan Firman Tuhan yang bermanfaat, dan kita hindari dari pada omong kosong yang akan menjadi kanker ganas yang menyebar kemana-mana.  Amin.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: