RENUNGAN : Mengejar Kebenaran Dengan Perbuatan

MENGEJAR KEBENARAN DENGAN PERBUATAN

“Tetapi: bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu. Mengapa tidak? Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan. Mereka tersandung pada batu sandungan”. Roma 9:31-32

Mengejar kebenaran dengan perbuatan. Itu adalah yang terjadi bagi bangsa Israel. Bangsa Israel adalah bangsa yang telah mengerti tentang kebenaran. Mengerti hukum-hukum yang diberikan oleh Allah. Bahkan bangsa Israel adalah bangsa yang telah menurunkan nabi-nabi besar dan Yesus Kristus secara jasmani. Bangsa Israel juga bangsa pilihan Allah. Bangsa yang memiliki hak untuk janji-janji Allah yang sudah diberikan. Namun dalam kenyataannya bangsa Israel tidak mendapatkan kebenaran yang sudah disediakan. Karena bangsa Israel mengejar kebenaran itu dengan perbuatan. Artinya bahwa bangsa Israel mengejar kebenaran itu dengan kepintaran sendiri, dengan kesalehan, dengan amal, dengan kemampuan sendiri, bahkan dengan perbuatan-perbuatan baik. Mereka berpikir dengan cara itu mereka akan memperoleh kebenaran itu, padahal tidak. Sebab kebenaran akan diterima dengan iman, sebab kebanaran itu adalah kasih karunia Allah, pemberian Allah secara Cuma-Cuma, hanya dengan iman seseorang akan menerima dan bukan dengan perbuatan baik. Inilah yang disebut tersandung pada batu sandungan.

Sampai hari ini masih banyak orang tersandung. Memiliki nasib yang sama seperti bangsa Israel. Bahwa keselamatan itu adalah dengan iman, sebab itu adalah kasih karunia Allah. Tetapi dengan kepintaran manusia. Manusia mereka-reka bahwa dengan perbuatan baik, mereka akan selamat. Dengan kesalehan atau kepintaran seseorang akan selamat. Padahal kenyataannya tidak, mereka tidak akan selamat.

Marilah kita menerima keselamatan yang Allah berikan dengan iman, bukan dengan perbuatan kita. Amin.

Categories: Renungan | Tags: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: