RENUNGAN : Ketakutan

KETAKUTAN

“Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.” I Yohanes 4:18

Pernahkah kita ketakutan? Ketakutan membuat hati kita gelisah, tidak tenang bahkan jantung kita berdetak keras. Ketakutan membuat damai sejahtera Allah tidak dirasakan. Bahkan ketakutan mematahkan semangat hidup kita. Ketakutan juga menghancurkan keberanian kita, membuat kita kecil hati dan selalu pesimis.

Firman Tuhan menyatakan bahwa di dalam kasih tidak ada ketakutan. Kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan, sebab ketakutan mengandung hukuman. Lawan dari ketakutan ternyata adalah kasih. Seorang yang memiliki kasih tidak pernah mengalami ketakutan. Namun seorang yang tidak memiliki kasih hidupnya akan senantiasa dihantui ketakutan terus menerus sampai akhirnya dapat frustasi.

Dalam ketakutan ada hukuman. Artinya bahwa jka kita tidak berbuat dosa, tidak ada alasan untuk takut. Tetapi ketakutan akan menyertai saat kita berbuat dosa, ketakutan akan terus menerus mendakwa kita. Ketakutan diberikan oleh Allah kepada kita sebagai suatu peringatan, agar kita tidak berbuat dosa. Demikian juga sama seperti sebuah tanda peringatan, dia akan berbunyi saat kita melakukan pelanggaran. Oleh sebab itu kita bersyukur ada tanda yang diberikan kepada kita saat kita melakukan pelanggaran kepada kita. Agar kita sadar dan tidak melakukan pelanggaran lagi. Ketakutan adalah juga merupakan alat iblis untuk mendakwa kita, khususnya saat kita melakukan pelanggaran. Saat kita jatuh dalam dosa, ketakutan ini dipakai oleh iblis untuk mendakwa kita terus menerus sehingga kita semakin merasa terpuruk dan kian jatuh dalam dosa.

Marilah kita bangkitkan kasih di dalam kita, agar ketakutan itu tidak mendekat. Namun jika kasih itu jauh dari pada kita ketakutan akan senantiasa menghantui kita. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

Iklan
Categories: Renungan | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: