RENUNGAN : Mengejar Kebenaran

MENGEJAR KEBENARAN

“Tetapi: bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu. Mengapa tidak? Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan. Mereka tersandung pada batu sandungan” Roma 9:31-32

Pernahkah kita kecewa? Ketika kita mengejar sesuatu, segala upaya kita kerahkan, tetapi tidak mencapai tujuan. Demikianlah Firman Tuhan menyatakan bahwa bangsa Israel tersandung pada batu sandungan karena, mereka mengejar hukum yang mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu, karena bangsa Israel mengejarnya bukan dengan iman, tetapi karena perbuatan.

Demikianlah kita sering tersandung pada batu sandungan. Saat kita memiliki konsep bahwa mengejar kebenaran itu oleh karena dengan perbuatan-perbuatan kita. Dengan kesalehan yang kita miliki, dengan perbuatan-perbuatan baik, dengan kekuatan dan kemampuan kita. Kita banyak menilai orang-orang disekeliling kita yang tidak saleh, tidak memiliki perbuatan baik, mungkin juga yang banyak menyakiti hati kita mereka tidak selamat. Tetapi hal itu sangat berbeda dengan keselamatan yang ditawarkan oleh Tuhan. Sebab keselamatan itu diberikan dengan iman dan bukan karena perbuatan.

Saat kita lemah, keselamatan itu tidak hilang. Saat kita gagal, keselamatan itu tidak sirna. Saat kita tidak mampu menunjukkan kesalehan kita, atau perbuatan baik kita. Keselamatan itu tetap menjadi milik kita selama kita masih punya iman. Kegagalan bukan berarti kehancuran, ditinggalkan bukan berarti hilang harapan. Kehilangan bukan berarti akhir dari segala sesuatu, sebab iman kita masih bisa memulihkan dan menyelamatkan kita.

Marilah kita mengejar kebenaran dan keselamatan dengan iman dan bukan dengan perbuatan baik kita, bukan dengan kesalehan, bukan pula dengan kemampuan, kepintaran atau pengalaman kita. Amin.

Categories: Renungan | Tags: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: