RENUNGAN : Puasa Daniel

PUASA DANIEL

“Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum; Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja.” Daniel 1:12,15.

Kesehatan merupakan aset utama dalam kehidupan. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Akhir-akhir ini banyak wabah berkembang pesat dimana-mana. Wabah cikungunya, wabah gabak dll. Kita mendambakan tubuh yang sehat. Daniel adalah contoh yang baik di dalam  alkitab, yang menjelaskan tentang tubuh yang sehat dan kuat. Saat Daniel akan menjadi pelayan raja, ia memperoleh hak untuk makan makanan raja sebagai fasilitas kesehatan tubuhnya. Tetapi justru Daniel mengambil langkah yang berbeda. Ia memilih makan makanan sayur dan air putih. Setelah diuji coba selama sepuluh hari. Ternyata tubuh Daniel lebih baik dan lebih gemuk dari pada yang makan makanan raja. Sejak zaman purbakala sampai zaman modern ini, sayur memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan yang tanpa memiliki efek samping. Hingga saat ini pola makan sehat yang dimiliki Daniel di sebut Puasa Daniel. Puasa Daniel lebih berat dari pada puasa tidak makan sama sekali, karena jika tidak makan sama sekali, nanti setelah makan kita bebas makan. Tetapi jika puasa Daniel berjalan terus menerus tidak makan makanan yang mengandung unsur bernyawa.

Dalam keadaan cuaca ekstrim ini. Banyak wabah berkembang dimana-mana. Bahkan pergumulan-pergumulan semakin berat. Mari kita belajar kepada Daniel untuk melakukan puasa Daniel. Yaitu makan makanan yang terbuat dari sayur. Mengurangi makan makanan yang bernyawa. Niscaya sama seperti Daniel tubuh kita akan menjadi lebih sehat, lebih baik, lebih segar dan lebih kuat. Amin. Tuhan memberkati.

Satu respons untuk “RENUNGAN : Puasa Daniel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s