RENUNGAN : Arti Sebuah Persahabatan

ARTI SEBUAH PERSAHABATAN

“Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri. Pada hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rumah ayahnya. Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri. Yonatan menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya. I Samuel 18:1-4

Sobat, tahukah arti sebuah persahabatan? Yonatan dan Daud adalah contoh sebuah persahabatan sejati. Persahabatan itu ditandai dengan berpadunya jiwa Yonatan dengan jiwa Daud. Sehingga Yonatan mengasihi Daud seperti jiwanya sendiri. Apakah artinya ini? Kita tahu bahwa Yonatan adalah keturunan seorang raja Israel yang bernama Saul. Sedangkan Daud adalah anak Isai seorang penggembala domba dari desa. Ini seperti hitam dan putih. Karena sangat berbeda sekali latar belakang mereka. Meskipun demikian, Jiwa Yonatan mampu berpadu dengan jiwa Daud. Mereka saling mengasihi satu dengan yang lain seperti diri mereka sendiri. Persahataban ini adalah persahabatan sejati. Karena mereka tidak memandang latar belakang mereka.

Firman Tuhan diatas menyatakan bahwa ada perjanjian diantara mereka, yaitu sebuah perjanjian persahabatan. Yonatan membuktikan persabatannya yang sejati, dengan menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud. Bahkan bukan itu saja, Yonatan juga memberikan baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya. Dalam cerita selanjutnya kita tahu, bahwa nyawa Daud diselamatkan oleh Yonatan dari pembunuhan ayahnya sendiri yaitu Saul.

Persahabatan sejati membutuhkan pengorbanan. Tidak memandang latar belakang. Kaya miskin, keturunan, atau perbedaan-perbedaan yang lain. Marilah kita membangun sebuah persahabatan sejati diantara kita satu dengan yang lain. Tuhan memberkati.

About these ads
Categories: Renungan | Tags: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Post navigation

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 90 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: